Saturday, May 11, 2013

E- Business


Tugas 4 E-com (Spesial Edisi Spesial)Soal :
  • Artikel kedua mengenai pemrograman internet dan e-commerce bidang/tema bebas dengan bahasa sendiri minimal 4 paragraf (1 paragraf 4 kalimat).



Penyelesaian :

Judul :   e - Agribisnis



             Agribisnis  didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan mulai proses produksi yakni seperti menanam bibit padi, panen, pasca panen, pemasaran dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan pertanian .e-Agribisnis ini adalah sebuah gabungan agribisnis dengan teknologi informasi komputer,  pemanfaatan TIK dalam bidang pertanian di kenal dalam istilah  e-Agriculture dan  e-Agribusiness atau dalam istilah bahasa indonesianya dikenal dengan istilah e-Agribisnis. Dengan kata lain e-Agribusiness adalah  e-business di bidang pertanian.

          e - agribisnis terdiri  dari kata ’e’ (elektronika) dan ’business’ (bisnis), maka pengertian  e-business dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis melalui jasa elektronika. Bila bidangnya pertanian, maka sering digunakan istilah  e-Agribusiness. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka penggunaan jasa elektronika dalam bisnis juga berkembang secara pesat. Antara lain,  dari  teknologi audio dan video ke teknologi komputer; kemudian kini berkembang menuju teknologi web atau internet.

           Pengertian ‘Teknologi Web atau  Internet’ dalam perdagangan sering pula dikenal dengan nama ‘On-line Trading’ . Cara ini banyak dipakai dalam sistem perdagangan sekarang ini dengan istilah yang lebih dikenal dengan nama ‘e-commerce’. Electronic commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet  atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk Internet . 
          Dalam perkembangannya, e-commerce/e-business ini lebih banyak menggunakan jasa mobile-phone dan  internet. Karena itu banyak sekali dijumpai iklan, penawaran dan pembelian barang dan jasa  melalui internet. Bahkan banyak pula dijumpai banyak perusahaan yang sudah mempunyai  Website sendiri. e-Agribisnis sebenarnya merupakan pemanfaatan e-Commerce atau e-bisnis dalam bidang pertanian, e-bisnis dikatakan sebuah e-agribisnis apabila sebagian besar dari prosesnya bergerak dalam bidang pertanian (>50%). e-Agribusiness menjadi penting dan banyak dipakai para businessmen bukan saja untuk produk-produk pertanian tetapi juga produk lain yang berkaitan dengan pertanian, misalnya bidang jasa pertanian.

No comments:

Post a Comment